Sawangan- Depok, PAUD dan Dikmas – Pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2017 pada hari Rabu, 25 Januari 2017 bertempat di Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Raya Parung-Ciputat KM 19 Bojongsari, Sawangan-Depok, Jawa Barat. Dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.

RNPK tahun 2017 akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 25 – 27 Januari 2017, dihadiri oleh seluruh Kepala Unit Utama, Kepala Satuan Kerja (Satker) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Provinsi serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Dengan mengambil tema “Bersama Membangun Pendidikan dan Kebudayaan yang Merata, Berkeadilan dan Berkualitas”.

Dalam sambutannya, Mendikbud menjelaskan arti dari tema RNPK ini. “Bersama” artinya melibatkan semua, tidak hanya pemerintah pusat tetapi juga pemerintah daerah dan masyarakat untuk berama-sama membangun pendidikan dan kebudayaan. “Merata” artinya dapat memberikan layanan pendidikan dan kebudayaan dengan baik di seluruh Indonesia. “Berkeadilan” artinya tidak hanya merata tetapi adil bagi semua yang membutuhkan . Dan yang terakhir “berkualitas” artinya dengan pendidikan dan kebudayaan yang berkualitas, maka akan di peroleh hasil yang bagus, karena tanpa kualitas manfaat pendidikan dan kebudayaan tidak akan terasa signifikan, paparnya.

Melalui tema tersebut, Mendikbud mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membangun pendidikan dan kebudayaan. Karena pendidikan dan kebudayaan merupakan tanggung jawab bersama, agar masyarakat bisa mengakses dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas. (KS/Tim Warta/GP/DD) – sumber: paudni.kemdikbud.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *